Powered By Blogger

Minggu, 07 Agustus 2011

Logika

1. Sebut dan jelaskan macam-macam logika!
2. Jelaskan dasar penalaran dalam logika!
3. Sebutkan dan jelaskan prinsip-prinsi penalaran!
Jawab
1. Macam-macam logika yakni:
a. Logika alamiah
Logika alamiah adalah kemampuan manusia dalam berpikir secara tepat tanpa dipengaruhi oleh factor-faktor lain dan logika ini sudah ada atau tertanam sejak manusia itu lahir
b. Logika alamiah khusus
Logika ini merupakan tindak lanjut dari logika ilmiah dimana pada logika alamiah khusus ini lebih mempertajam setiap pemikiran yang lahir untuk bekerja lebih efisien dan efektif.

2. Dasar penalaran logika
Yang menjadi dasar penalaran dalam metode ilmiah ialah konsep yang dikeluarkan oleh manusia itu sendiri untuk dikembangkan. Konsep ialah buah atau hasil dari tangkapan akal.
3. Prinsip-prinsup enalaran:
a. Prinsip identitas
Prinsip ini menyatakan bahwa sesuatu hal adalah sama denaga halnya sendiri. Prinsipnya ialah menuntut sifat yang konsisten dalam suatu penalaran artiya jika suatu himpunan beranggotakan sesuatu maka sampai kapanpun tetap himpunan tersebut beranggotakan sesuatu tersebut
b. Prinsip Nonkontrakdiksi
Prinsip ini menyatakan bahwa sesuatu tidak mungkin merupakan hal tertentu dan bukan hal tertentu dalam suatu kesatuan. Prinsip ini juga menyatakan bahwa dua sifat yang berlawanan penuh (secara mutlak) tidak mungkin ada pada suatu objek dalam waktu dan tempat yang sama.
c. Prinsip eklusi tertii
Prinsip ini menyatakan bahwa sesuatu jika dinyatakan sebagai hal tertentu atau bukan hal tertentu maka tidak ada kemungkinan ketiga yang merupakan jalan tengah. Prinsip ini sepenuhnya menyatakan bahwa dua sifat yang berlawanan penuh (secara mutlak) tidak mungkin keduanya dimiliki oleh suatu objek.
d. Prinsip cukup alas an
Prinsip ini menyatakan bahwa suatu perubahan yang terjadi pada sua hal tertentu mesti berdasarkan suatu alas an yang cukup. Prinsip ini dnyatakan sebagai tambahan bagi prinsip identitas karena secara tidak lansung menyatakan bahwa sesuatu objek mestilah tetap tidak berubah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar